Mendeteksi Medan Listrik Statis


Listrik saat ini memang menjadi kebutuhan hampir semua orang. Terdapat 2 jenis listrik yang kita kenal saat ini, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Listrik dinamislah yang menjadi kebutuhan banyak orang, tapi yang akan kita bahas adalah listrik statis bukan listrik dinamis.

Listrik statis berbeda dengan listrik dinamis. Perbedaanya terletak pada pergerakan elektron, pada listrik statis elektron cenderung tetap. Sedangkan  pada listrik dinamis elektron bergerak. Contoh fenomena listrik statis atau yang sering dikenal dengan elektrostatis diantaranya adalah terjadinya petir, generator Van de Graff, water bending experiment dan lainya.

Listrik statis sendiri dapat kita buat dengan berbagai cara. Cara yang populer dan sederhana adalah dengan menggosokkan benda-benda khusus yang dapat menghasilkan listrik statis, kemudian akan terasa efek dari listrik statis tersebut. Kamu bisa menggunakan sterofoam yang digosokkan pada rambut kepala untuk membuat listrik statis.

Tapi, bagaimana kita dapat mengetahui kalau terdapat listrik statis pada sterofoam tersebut?

Ketika menggosokkan dengan rambut, maka akan menyebabkan muatan pada sterofoam menjadi lebih negatif dan rambut menjadi lebih positif. Jadi, kita dapat menggunakan rambut untuk dapat mendeteksi apakah terdapat listrik statis.  Berikut ini adlah video bbagaimana melihat efek dari listrik statis.



Lebih baru Lebih lama