Rating Oh Rating - Blog dari Awal Sampai Menghasilkan Uang



Setiap website pasti ingin ratingnya tinggi, mengapa?
karena dari situlah mereka mendapatkan hasil.

Bagi para pemula dalam memulai mendalami dunia blogging dan membangun web, mungkin rating ini menjadi hal yang menjadi impian. Banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dapam membuat postingan yang kadang malah membuat blognya ratingnya turun. Berikut ini adalah pengalaman saya dari mulai membuat blog sampai sekarang.

Mengenal blog dan blogger

Saya mengenal blog sejak lama, mungkin sudah ada 5 tahun yang lalu saat tampilan blogger belum seperti ini. Sepertinya malah blogger belum bergabung dengan Google seingat saya. Saat itu, blog menjadi tenar dan terkenal. Saat itu aku sedang duduk di bangku SMP yang tidak mengenal apa itu website, blog, server, internet dll. Saat itu saya benar-benar belum mengerti tentang blog. Hingga suatu ketika ada teman saya yang mengenalkan sata tentang dunia blog.

Belajar programing

Saat itu aku mulai suka dengan dunia blog dan mulai belajar tentang programing web. Tidak ada guru formal tempat saya belajar, saya hanya belajar dari tutorial-tutorial blogging di blog orang lain. Saya mulai belajar html, css dan javascript. Tapi itu hanya dalam blog belum sampai website seutuhnya sampai ada teman saya yang membuat web dan saya kira itu dari blog. Saya penasaran dan mencari berbagai tutorial di internet tentang membuat website. Akhirnya saya mengenal bahasa pemrograman PHP dan akhirnya kini saya bisa membuat website dari nol. Meskipun belum begitu bagus.

Mengenal Penghasilan Blog

Dari awal saya tahu kalau blog akan mendapatkan uang. Tapi, saya dulu belum mengerti bagaimana sebuah blog mendapatkan uang. Memang menarik kalau punya penghsilan dari blog. Saya mulai mencari dan mencari. Hingga saya tahu tentang adf.ly , googel adsense dll. Perjuangan untuk mendapatkan penghasilan memang tidak mudah, perlu banyak sekali perngunjung untuk bisa mendapatkan uang dari blog. 

Pengunjung memang hal yang sangat penting dalam blog ataupun website. Bayangkan kalau blog yang sangat bagus tapi tidak ada pengunjung maka akan sia-sia kita membangun blog atau website tersebut. Banyak orang yang ingin mendapatkannya secara instan tapi dengan tampa biaya, padahal hal itu sangat sulit. Kita perlu promosi untuk mendapatkan banyak pengunjung. Banyak juga cara yang digunakan para blogger untuk mendapatkan pengunjung seperti SEO, Promo ke media sosial dll. 

Kesalahan yang sering dilakukan para blogger pemula adalah terlalu fokus dengan uang. Banyak blogger yang berharap mendapatkan uang yang banyak tapi dengan konten yang sedikit. Sehingga para blogger yang tidak tahan banting pasti akan kalah dan mundur. Persaingan di dunia maya pun sangat ketat, apalagi biasanya para blogger tidak hanya punya satu blog saja. Selain itu, banyak blogger yang sudah dikenal banyak orang dengan berbagai konten yang dibuat. Menjadi sangat sulit untuk dapat mendapatkan banyak pengunjung, termasuk blog saya ini yang hanya sedikit pengunjung. 

Mungkin banyak orang bertanya, "Berapa banyak sih pendapatan blogger?". Hal itu tidak menentu, bergantung pada rejeki masing-masing orang. Rata-rata saya mendapatkan uang 5 sampai 15rb untuk 1000 pengunjung, memang bukan angka yang besar. Apalagi blogger yang hanya punya sekitar 2000 pengunjung perbulan, akan butuh waktu sangat lama untuk mendapatkan uang. Hal ini yang sering membuat para blogger menyerah.

Sebenarnya banyak cara yang menurut saya relevan digunakan untuk para blogger. Sesuai saran google (bukan searching di google) kita bekerja sesuai hobi kita, kalau memang blogging bukan hobi kita, mungkin ada cara lain seperti menggunakan youtube. Selain itu, saran ini juga mengarahkan kita untuk membuat blog yang sesuai hal kesukaan kita. Misalkan seseorang suka bercerita, maka blog sangat cocok untuknya. Bagaimana orang yang hobi otomotif?. Bisa juga menulis tentang berbagai hal mengenai otomotif dan sebagainya.

Selain saran diatas, google juga menyarankan untuk tidak menghitung uang dari penghasilan. Hal ini, menurut saya sangatlah benar. Kita akan sedih dan menjadi malas ketika melihat hasil kita yang cuma receh. Lebih baik membuat konten tanpa lelah dan menghasilkan berbagai karya yang menarik. Biarkan orang mengunjungi dengan sendirinya dan anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. 

Blog itu sederhana, tulis dan tulis tanpa dihitung.
 

1 Komentar

  1. iya gan ane juga udah kenalan sama blogger sejak 2014 tapi udah lama vacum dan baru akhir2 ini mau kembangin blog baru ane.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama