[PROYEK KOST] Sensor Cahaya Dengan LDR Sederhana

Kali ini saya telah membuat suatu sensor cahaya dengan memanfaatkan LDR (light dependent resistor) untuk keperluan yang lebih bermanfaat. Dengan memanfaatkan LDR saya akan mencoba menghidupkan dan mematikan LED secara otomatis. Yang pertama harus disiapkan adalah skema elektronikanya. Ini sekema yang telah saya buat, tapi mungkin sudah ada yang buat sebelumnya. karena skemanya sangat sederhana. Sangat cocok untuk sekedar mengisi waktu luang sambil belajar. Biaya yang diperlukan juga cukup murah, terjangkau untuk anak kosan seperti saya. Saat itu, saya beli bahan-bahannya tidak sampai Rp.10.000,- .
Oke, langsung saja sekemanya ada dibawah ini
setelah tau skemanya, saatnya beli bahan-bahannya, bahan yang diperlukan adalah
Batrai  ----------------------------- 2 buah
Tempat batrai -------------------- 1 buah
Resistor 1K 1/4watt ------------- 1 buah
Trimpot 100K -------------------- 1 buah
 LDR 5mm ------------------------ 1buah
LED ------------------------------- 1 buah
Transistor BC547 ---------------- 1 buah
PCB + pelarut mungkin itu saja.. trus pcb layoutnya dan jadinya seperti ini..
Dibawah ini terdapat video alat buatan saya yang telah saya upload di youtube.

 Mungkin itu saja, jika ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar atau jika ingin pesan yang sudah jadi silakan kunungi toko saya.

Selamat Mencoba..!!!
Tunggu proyek-proyek keren selanjutnya.

Jika ada pertanyaan tentang artikel ini, silakan sampaikan di komentar.
Jika punya saran atau proyek yang ingin di ajukan silakan berikan saran kamu di link berikut.
SARAN PROYEK
Lebih baru Lebih lama