Cara Kerja Listrik Tanpa Kabel


Pernah berpikir bagaimana listrik dialirkan tanpa kabel?
Sebenarnya kita sudah sangat sering menggunakannya tanpa kita sadari, namun hanya dalam sekala kecil saja yang besarnya mungkin hanya beberapa milivolt saja. Apakah itu?, yaitu signal radio (termasuk telefon genggam, wifi dan lainnya) dengan jarak jangkauan yang cukup jauh.

Sama halnya dengan radio, tranformator atau trafo sebenarnya bisa mengalirkan listrik tanpa kabel dengan daya yang besar. Bukankah trafo menggunakan kabel?, kita bisa melihat skema trafo seperti gambar berikut.
Dapat dilihat pada gambar tersebut bahwa tidak memerlukan sebuah kabel untuk menyambungkan antara input (kumparan primer) dan output (kumparan sekunder). Hanya sebuah inti besi saja yang menghubungkan kedua kumparan tersebut.

Trafo mengubah listrik AC (arus bolak balik) menjadi fluks magnet (pada bagian input) yang menyebabkan kumparan sekunder menerima fluks menerima fluks magnet tersebut dan mengubah nya menjadi listrik AC. Sebenarnya, untuk mengirimkan fluks magnet tidak perlu inti besi, karena inti besi hanya untuk meningkatkan induktifitas saja. Jadi, bagaimana jika inti besi dihilangkan? inilah yang dimanfaatkan untuk membuat listrik tanpa kabel, karena trafo tetap bisa bekerja meski inti besi dihilangkan.

Saat ini, listrik tanpa kabel sudah di manfaatkan menjadi wireless charger yang digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone tanpa menggunakan kabel.


Tunggu proyek-proyek selanjutnya.
Terimakasih.
Jika ada pertanyaan tentang artikel ini, silakan sampaikan di komentar.
Jika punya saran atau proyek yang ingin di ajukan silakan berikan saran kamu di link berikut.
SARAN PROYEK
Lebih baru Lebih lama