[PROYEK KOST] Membuat Benda Melayang Dengan Levitasi Magnet

Pasti banyak yang bertanya apa itu Levitasi Magnet. Mungkin penjelasan sederhana adalah menerbangkan benda dengan bantuan konsep kemagnetan. Pada proyek kali ini akan dibahas bagaimana cara membuatnya dan seperti apa konsepnya. Pasti menarik untuk dicoba dan di praktikkan di rumah. Proyek kali ini menggunakan magnet yang dihasilkan oleh induksi magnet oleh aliran listrik.

Seperti apa bentuknya?
Jawabannya bisa dilihat pada gambar berikut ini.
Sumber : http://hackadaycom.files.wordpress.com/2010/08/magnetic-levitation.jpg?w=800
Bukankah keren sekali bendanya bisa terbang tanpa tali dan penyangga. Sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri hanya dengan sedikit pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip magnet dan elektronika.

Prinsipnya seperti ini, magnet yang dibuat dengan kumparan akan menarik benda logam, tetapi pada batas tertentu listriknya diputus kemudian bendanya akan jatuh, tetapi setelah turn sedikit arus listrik akan disambung kembali sehingga posisinya terjaga. Untuk merealisasikannya diperlukan sebuah sensor yang bisa mendeteksi hal tersebut dan dalam hal ini menggunakan photodioda dan sebuah led Infrared (inframerah).

Skemanya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Silakan kamu mencobanya di rumah. Saya juga akan mencobanya di rumah setelah semua bahan dan dana yang diperlukan untuk membuatnya sudah ada dan saya juga akan membagikannya di blog ini pada artikel-artikel selanjutnya.
Terimakasih.

Tunggu proyek-proyek keren selanjutnya.
Lebih baru Lebih lama