Bagaimana Cara lolos SBMPTN UGM ?

sumber: http://ugm.ac.id/en/image/4893-student-admission-through-national-selection-announced.jpg
Siapa yang tidak tahu dengan UGM (Universitas Gadjah Mada), hampir setiap yang kuliah di Yogyakarta pasti dikira kuliah di UGM. Orang tua mana yang tidak bangga anaknya bisa kuliah di universitas ini yang termasuk universitas tertua,terbaik dan termegah. Banyak sekali siswa SMA yang akan lulus dan akan berkuliah yang ingin berkuliah di universitas ini, termasuk saya saat itu.

Pasti banyak yang bertanya bagaimana caranya saya bisa lolos seleksi masuk UGM??
Akupun sulit menjawabnya saat itu, dan kini setelah berjuang melawan soal-soal SBMPTN akhirnya saya bisa masuk dan berkuliah di universitas ini.

Bagaimana caranya saya bisa masuk??
Itulah yang ingin saya bagikan saat ini.

1. Berniat dan Berdoa

Tentunya yang pertama dan utama adalah niat. Dengan niat yang kuat maka diri kita akan terpacu untuk belajar dan belajar bagaimana caranya bisa masuk UGM. Tentunya dengan latihan, yang banyak dan efektif. Serta diimbangi dengan doa kepada Tuhan yang maha esa.

2. Berlatih

Berlatih bagaimana mengerjakan soal-soal yang akan dihadapi nanti saat akan menghadapi SBMPTN. Bagi yang sudah lolos SNMPTN tentunya sudah tidak perlu, tetapi bagi yang tidak lolos SNMPTN seperti saya dulu, ini adalah hal yang sangat penting. Menurut saya untuk berlatih soal SBMPTN tidak perlu les di pusat bimbingan belajar yang banyak menyediakan les untuk masuk perguruan tinggi, dan buktinya adalah saya sendiri yang tidak les bisa masuk UGM. Mengingat saat itu biaya untuk les sangat mahal. Tips berlatih dari saya adalah mulailah belajar mengerjakan soal-soal SBMPTN darimanapun sebagai contoh saya sendiri mengambil soal-soal dari internet dan dari buku teman saya. Bagi yang jarang belajar seperti saya, pasti jenuh mengerjakan soal-soal mengingat saat itu sudah memasuki masa libur, hal yang saya lakukan untuk mengatasinya adalah dengan belajar bersama teman-teman saya dan ditempat yang nyaman seperti di dekat persawahan (saat itu rumah teman saya di dekat persawahan). Hal yang harus dilawan dalam berlatih adalah rasa malas. Pada hal ini saya menganjurkan untuk berlatih bukan hanya membaca atau memahami.

3. Mendaftar

Hal ini pasti, bagaimana mungkin seseorang tidak mendaftar kemudian bisa masuk dan lolos ke perguruan tinggi tersebut? tentu tidak mungkin. Kebanyakan siswa (termasuk teman-teman saya saat itu) yang ragu dan tidak berani untuk mendaftar ke perguruan tinggi yang sebenarnya mereka bisa masuk ke perguruan tinggi tersebut. Tips dari saya adalah beranikan diri, percaya dengan dirimu sendiri dan pikirkan dengan matang bagaimana strategimu dalam rangka menghadapi tes masuk. Persiapkan dengan matang dan pastikan kamu tidak menyesal atas kemungkinan kemungkinan yang terjadi. Sedikit bocoran, di UGM terdapat banyak jalur masuk yang bisa kamu manfaatkan dan kamu coba tidak hanya SBMPTN dan SNMPTN seperti beberapa perguruan tinggi saat ini.

4. Tempat Tes

Biasanya untuk tempat tes kita bisa memilih. Sebagai contoh saya sendiri memilih tes di kota dekat dengan tempat saya tinggal (saat itu saya tinggal di Lampung). Pilihlah tempat terdekat selama itu tidak mempengeruhimu masuk ke perguruan tinggi yang kamu pilih. Mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk tes di tempat lain.

5. Saat Tes

Saat test ikutilah peraturan yang berlaku saat tes tersebut, neskipun itu hanya sepele seperti tidak boleh pakai sandal dll. karena jika kamu tidak mematuhinya maka akan fatal akibatnya, bahkan mungkin kamu bisa di keluarkan dari ruangan gara-gara hal itu. Pastikan peralatan sudah dipersiapkan dan jangan grogi. Selain itu manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

6. Setelah Pengumuman

Saat pengumuman, sebaiknya kamu melihatnya bersama orang tua apalagi saat ini hasil dapat dilihat secara online. Saat setelah membaca pengumuman, disitulah peran orang tua yang memberi nasehat apakah karena kamu lolos atau tidak. Banyak manfaat dari mendengarkan nasehat orang tua.

7. Sudah selesai??

Belum selesai perjuanganmu masih panjang, setelah kamu lolos kamu harus melewati tahap registrasi ulang yang sangat merepotkan dan masa ospek serta berbagai macam rintangan lagi saat kuliah. Jangan takut biaya kuliah, karena banyak yang bisa kamu kerjakan sembari kuliah, seperti mencari beasiswa, membuat sebuah usaha seperti jualan, atau membuka jasa. 

Dan bagi kamu yang belum lolos jangan kecewa, masih banyak yang bisa kamu kerjakan seperti membuat usaha dan lainnya.

Pengalamanku :

Mungkin dari kalian ada yang tidak percaya bahwa saya saat itu bisa lolos masuk UGM tanpa ikut les. Saya saat itu juga sudah merencanakan apa yang akan saya lakukan jika tidak lolos masuk UGM, yang saya rencanakan adalah membuka usaha sayuran. Saat itu aku tidak punya keluarga di Yogyakarta meskipun saya mendaftar ke UGM saya hanya mengandalkan google map dan pengetahuan saya yang banyak saya dapat dari internet mengenai letak dan bagaimana UGM itu. Terus bagaimana saya ke Yogyakarta? saat itu saya bersama teman saya yang lolos masuk UNY. Saya juga baru kedua kalinya ke Yogyakarta (yang pertama saat study wisata saat SMA). 

Mungkin sedikit pesan dari saya,
Jangan berkecil hati, setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan dan banyak jalan untuk meraih sukses tidak hanya dengan berkuliah, dan ingatlah bahwa sukses itu sulit, tapi akan lebih sulit kalo kita tidak sukses.

Bagi kalian yang akan lulus, rencanakan baik-baik masa depan kalian.

Terimakasih.
Lebih baru Lebih lama