Cara Menulis Rumus Matematika di Website atau Blog




Setiap blog atau website dibangun dengan tujuan tertentu dan bahasan tertentu. Banyak sekali website atau blog yang membahas tentang matematika, misalnya cara mengerjakan soal-soal atau panduan rumus-rumus matematika. Tetapi, kebanyakan dari website atau blog tersebut tidak menggunakan penataan rumus yang tepat sehingga sulit dimengerti. Selain itu, kadang membuat maknanya lain. Misalnya seperti dibawah ini.
x = (-b +_ (b^2 -4ac)^0,5) / 2a
atau
$$x = {-b \pm \sqrt{b^2-4ac} \over 2a}.$$

Mana yang mudah dimengerti?
tentu yang bawah yang sesuai dengan etika penulisan matematika.

Selain itu, kita kita juga bisa bandingkan mana yang lebih baik antara (1/4)pi D^ 2 atau ${1\over 4}\pi D^2$ jadi lebih menarik bukan?

Ada juga beberapa situs websita atau blog yang menggunakan gambar untuk menulisnya, hal itu akan membuat kinerja dalam membuat sebuah artikel akan menjadi lama karena kita harus membuat dalam bentuk gambar kemudian menguploadnya.


Jadi, cara untuk membuatnya adalah dengan menggunakan bantuan mathJax. Dengan menggunakan ini kamu dapat membuat berbagai rumus dengan mudah, yaitu hanya dengan mengetik dalam format tertentu.

Cara memasang pada website atau blog yang kamu miliki adalah dengan cara memasang kode berikut ini sebeblum </head>


Untuk cara menulisnya adalah dengan mengapit rumus tersebut dengan tanda dolar. Misalnya kita akan membuat rumus radiaasi benda hitam yaitu
$$I ( v , T ) = \frac{2hv^3}{c^2} \frac{1}{e^{hv \over kT}-1}$$
rumus pitagoras $c^2 = \sqrt{a^2 + b^2} $ dan rumus parabola $ax^2+bx +c = 0$
kita hanya perlu menulis seperti pada box berikut.


Untuk lebih banyak cara menggunakannya kamu bisa buka link berikut ini.
stckexchange atau mathjax

Menarik bukan?
bagaimana menurut anda? komen dibawah 

Lebih baru Lebih lama