Miris Melihat Ketertarikan Masyarakat Dengan Pendidikan Kecil


Pendidikan sangatlah penting bagi kita semua, karena dengan pendidikan yang baik kita akan berwawasan luas dan berkepribadian yang baik tentunya. Pendidikan mestinya diberikan mulai dari anak-anak dan kita juga perlu pendidikan sampai dewasa bahkan tua. Pendidikan harus sesuai dengan tingkatan umur dari yang menerima pendidikan tersebut agar menghasilkan manusia yang berbudi pekerti luhur. Pendidikan juga bisa berpengaruh pada banyak hal, mulai dari sikap sampai masa depan.

Saat ini, jika kita tidak mengenyam pendidikan yang layak, pastinya akan tertinggal. Apalagi, teknologi berkembang sangat cepat hanya dalam hitungan menit saja bisa ada teknologi baru yang dikembangkan. Untuk melamar pekerjaan pun seperti itu, bagi yang memiliki pendidikan tinggi akan mendapatkan jabatan yang lebih tinggi tentunya. Untuk pekerja yang hanya lulus SMP atau SMA biasanya hanya dipekerjakan sebagai buruh pabrik dengan gaji yang minim tapi dengan kerja yang berat. Lihatlah yang berpendidikan tinggi, mereka akan bekerja lebih ringan dengan gaji yang lebih tinggi.

Tapi, minat masyarakat untuk dunia pendidikan sangatlah minim. Hal ini saya lihat sendiri terutama di masyarakat desa. Di desa tempat tinggal saya, pemuda yang berkuliah sangatlah jarang. Para orang tua biasanya tidak mendukung anaknya kuliah dengan alasan klasik yaitu ekonomi. Padahal, biaya kuliah menurutku cukup terjangkau. Apalagi saat ini menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang menyesuaikan dengan penghasilan orangtua. Para orangtua harusnya tidak perlu khawatir tentang hal itu.

Selain itu, minat dari anak-anak dan remaja dalam dunia pendidikan sangatlah rendah menurut saya. Dari post blog ini yang saya bagikan di media sosial, terlihat dengan jelas bahwa yang mengklik post tentang materi sekolah sangatlah sedikit dibandingakan dengan berita yang menurut saya hanya sekedar berita. Menurut pendapat beberapa teman saya, mereka menilai bahwa sekolah itu sulit dan membuat pusing, apalagi mau kuliah di perguruan tinggi.

Menurut saya, dalam dunia pendidikan, para pendidik seperti guru dan dosen membuat sekolah dan kuliah itu menjadi menarik dan sayang untuk dilewatkan. Saya akui ini memang sulit untuk membuatnya. Tetapi, tidak ada salahnya untuk di coba. Dengan masyarakat berpendidikan semoga Indonesia menjadi negara yang maju dalam berbagai hal terutama pendidikan.
Lebih baru Lebih lama