Indonesia Merdeka Tapi Kita Belum Merdeka Internetan



Hari ini saat artikel ini diterbitkan adalah hari dimana kita semua masyarakat Indonesia memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Mengenang para pahlawan yang berjuang untuk Indonesia merdeka dan mempertahankan kemerdekaan republik ini. Setelah berbagai konflik dan permasalahan yang menimpa Indonesia saat awal kemerdekaan sampai saat ini dimana teknologi berkembang dengan pesatnya.

Kini internet adalah kebutuhan hampir seluruh rakyat Indonesia, mulai dari dewasa, remaja sampai anak-anak. Semua hal kini membutuhkan internet, mulai dari main game, komunikasi, hiburan, bahkan yang menyangkut publik seperti transportasi kini pun membutuhkan internet. Jika tidak menggunakan internet, kita seperti ketinggalan jaman dimana segala serba cepat. Misalkan jika kita membeli tiket kereta, jika kita membeli langsung ke stasiun akan memakan waktu yang sangat lama bahkan berjam-jam, tetapi jika kita mengunakan internet maka kita hanya perlu waktu 10 menit dengan duduk di depan laptop yang kita miliki. Betapa perubahan yang sangat besar dengan adanya internet saat ini.

Tetapi, apakah kebutuhan internet di Indonesia sudah terpenuhi?. Jawabnya tentu belum. Mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas dan dengan berbagai kondisi alam yang kadang sulit untuk di tempuh maka cukup sulit untuk mendapatkan internet di daerah terpencil. Tidak seperti di kota besar yang sudah mengunakan jaringan kabel fiber yang kita tahu akan membuat kecepatan internet yang sangat tinggi. Di pedesaan, pegunungan dan daerah terpencil hanya mengandalkan pada jaringan mobile yang kadang tidak bisa diandalkan. Di kota besar jaringan mobile sudah menggunakan jaringan 4G yang sangat cepat, sedangkan di pedesaan dan daerah terpencil kadang jaringan 3G saja belum masuk.

Selain kendala pada jaringan, keadaan alam Indonesia menyebabkan biaya pendistribusian jaringan internet memerlukan biaya yang jauh lebih mahal. Hal ini menyebabkan biaya internet yang mahal. Sehingga masyarakat merasa enggan untuk menggunakan internet meskipun kini internet menjadi kebutuhan. Di kota besar pun terkadang banyak anak muda yang berebut jaringan internet yang menggunakan teknologi Wifi yang disediakan gratis oleh lembaga tertentu.

Sangatlah perlu di Indonesia kita yang tercinta ini untuk ditangani masalah internet yang belum merata agar Indonesia menjadi negara yang melek teknologi dan masyarakatnya yang cerdas. Di pedesaan misalnya dengan menggunakan internet siswa-siswa akan mendapatkan informasi tentang mata pelajaran dengan mudah dan menarik. Selain itu, dengan adanya internet yang merata akan mempermudah komunikasi dan pemantauan pembangunan yang bisa dilaksanakan dengan teknologi digital yang cepat. Jadi, pemerataan internet sangatlah perlu di Indonesia demi pembangunan yang lebih baik lagi di berbagai bidang.
Lebih baru Lebih lama