Cerita dari Seorang Pemalas Untuk Melawan Rasa Malas


Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Karena kesempurnaannya manusia dipercaya untuk mempelihara, melindungi, membudidayakan, dan memakai. Namun dibalik kesempurnaannya, hampir semua manusia merasakan malas.

Malas adalah suatu keadaan dimana kita tidak ingin melakukan kegiatan. Banyak kegiatan atau program kerja yang terbengkalai akibat malas. Kegiatan penting atau tidak penting kita bisa saja merasakan malas, misal : "Malas Tidur" tidur yang merupakan hal yang mudah sekali dilakukan tetapi ada kala nya kita merasakan malas, contoh lain nya misal pada pelajar "Malas Belajar" ya walaupun belajar merupakan kewajiban sebagai pelajar tetapi rasa malas pasti selalu menghampiri.

Lalu apa penyebab rasa MALAS...????
Rasa malas muncul biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor secara internal maupun external. Faktor internal dan external sangat mempengaruhi untuk muncul benih - benih rasa malas. Namun apabila kita bisa mengalahkan rasa malas yang di dalam diri sendiri (Faktor Internal) maka faktor malas yang ditimbulkan dari luar (Faktor Eksternal) pasti dapat terkalahkan.

Apa saja contoh faktor - faktor internal dan external itu...???

INTERNAL
Rasa malas dari diri sendiri biasa muncul karena kurangnya motifasi yang kuat untuk kegiatan yang dilakukan. Motifasi menjadi suatu alasan yang kuat untuk melakukan suatu kegiatan yang dapat mengalahkan rasa malas, walaupun rasa malas itu muncul namun kita masih memaksakan untuk melakukannya hingga rasa malas itu hilang sendiri. Selain kurangnya motifasi ada hal lain juga dari dalam diri sendiri yaitu ketika sedang sakit, ngantuk, dan lelah. Sepertinya soal sakit, ngantuk, dan lelah tidak perlu dijelaskan mengapa karena kita pasti tau rasanya hehehe.

EXTERNAL
Faktor dari luar memang sangat waw sekali banyaknya, misal pacar (pacar bisa membuat galau, galau bisa membuat malas), ajakan teman party, aktifitas yang berlebihan dan masih banyak lagi. Walaupun banyaknya faktor malas dari external namun jika kita bisa mengatasi rasa malas dari dalam diri (Faktor Internal) faktor external tidak akan memunculkan rasa malas untuk mengerjakan agenda.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas...???

Ada beberapa tips untuk menghadapi rasa malas seperti berikut ini :
1. Cari motifasi
Dengan motifasi yang kuat soo pasti sebesar apapun rasa malas akan terkalahkan.

2. Cari Pacar
Yahh kita perlu penyemangat untuk melakukan kegiatan atau aktifitas ( yah walau enggak mesti pacar si) . Dorongan atau dukungan dari orang yang kita cinta biasanya sangat ampuh sebagai Contoh "Ada kegiatan belajar kelompok, sebenarnya kamu malas banget untuk datang namun karena ada sang doi atau karena di paksa doi kita jadi dengan senang hati ataupun terpaksa kamu jadi melawan rasa malas kamu untuk datang belajar kelompok".

3. Istirahat
Yuhuu kita perlu banget ini namanya istirahat seperti yang di jelaskan diatas rasa lelah dapat menyebabkan rasa malas jadi sudah pasti kita wajib melakukan yang namanya istirahat.

4. Paksa
Paksa merupakan tips terakhir nih jika tips 1,2, dan 3 sulit dilakukan. Tips yang terakhir ini memang sangat berat mungkin ketika kita melakukan kegiatan perasaan malas masih membebani kita karena kita memaksakannya, namun seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa sehingga rasa malas itu perlahan akan pudar.

Demikian sedikit info mengenai malas semoga bermanfaat catatan saya 
Jangan lakukan semuanya berlebihan karena yang berlebihan tidak baik. 
exp: Berlebihan istirahat jika kita berlebihan istirahat bagaimana pekerjaan kita akan terselesaikan.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama